Sunday, November 10, 2019

Peran Blockchain dalam Mengubah Supply Chain Dan Industri Logistik (2)

OpinionDay #23
Oleh : Erwin K. Awan (SSG-059)

Bagian Ke-2

Blockchains Private (pribadi) dan publik adalah dua pilihan menu yang telah ada dan untuk kedua opsi tersebut, fitur utamanya adalah begitu transaksi disetujui dan sudah berada di dalam Blockchain, maka tidak akan dapat diubah atau diedit lagi

Beberapa institusi fintech yang lebih besar (termasuk WeBank, bank swasta pertama di China yang sepenuhnya digital) mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi jaringan blockchain publik dan privat ke dalam perbankan online mereka. 

Namun demikian sejak 2016 opsi ketiga ini telah dikembangkan. Accenture telah mematenkan 'Blockchain yang dapat diedit', dimana riwayat dari transaksi dapat disesuaikan oleh otoritas pusat. Ini sedikit kontradiksi, karena kekuatan Blockchain adalah bahwa data setelah divalidasi tidak dapat diubah. 

Namun, Accenture mengklaim bahwa jenis Blockchain ini hanya untuk Blockchain yang diizinkan private - digunakan misalnya oleh bank, tempat otoritas pusat dapat mengelola jaringan berdasarkan aturan tata kelola yang disepakati. Jenis Blockchain ini akan menawarkan 'tombol pengaman' yang dapat membuat Blockchain lebih aman untuk digunakan.

Jenis blockchain yang dapat dipilih oleh suatu organisasi tergantung pada tujuan organisasi dan jenis transaksi yang perlu disimpan pada blockchain. Beberapa transaksi, seperti transaksi keuangan, tidak boleh terlihat oleh masyarakat umum, sedangkan transaksi lainnya, seperti kepemilikan barang (digital) dan sertifikat tanah, lebih berfaidah dari blockchain publik. Terlepas dari jenis blockchain, data yang disimpan menjadi tidak berubah, dapat diverifikasi, dan dapat dilacak, karena empat komponen utama Blockchain: primitif kriptografi, mekanisme konsensus, transaksi, dan smart contract (kontrak pintar).

Kriptografi
Kriptografi adalah komponen kunci dari sistem blockchain jenis apapun, dan terdiri dari dua fitur penting: digital signature (tanda tangan digital) dan Hash Algoritma.

Digital signatures (Tanda tangan digital)
Tanda tangan digital didasarkan pada kriptografi kunci publik, juga dikenal sebagai kriptografi asimetris. Kriptografi asimetris berarti bahwa dua kunci, kunci publik dan kunci privat, secara matematis terkait satu sama lain. Hubungan ini berarti bahwa data apa pun yang dienkripsi oleh satu kunci (kunci publik) hanya dapat didekripsi oleh kunci lainnya (kunci privat), dan sebaliknya. Tidak mungkin untuk mengenkripsi data dengan kunci publik dan menggunakan kunci publik lain untuk mendekripsi data tersebut. 

Akibatnya, Anda dapat menggunakan pasangan kunci untuk mengidentifikasi pemilik aset digital tertentu. Karena kunci publik tersedia untuk umum, data apa pun yang dienkripsi dengan kunci privat terkait hanya dapat didekripsi dengan kunci publik yang sesuai. Ini berfungsi seperti kotak surat, di mana setiap orang memiliki kunci untuk menyimpan surat ke kotak surat itu, tetapi hanya satu orang yang memiliki kunci yang tepat untuk membuka kotak surat dan mengeluarkan surat itu.


Infrastruktur Kunci Publik kini telah banyak digunakan. Hampir semua yang berbasis online telah menggunakan Public Key Infrastructure, dari mengirim email ke situs web yang dikunjungi (situs web dienkripsi menggunakan Public Key Infrastructure jika memiliki sertifikat SSL dan situs web menunjukkan https). Ini berarti kita dapat memastikan bahwa data yang dikirim antara pengirim dan server tidak terputus. Public Private Key Infrastructure juga digunakan untuk memastikan keaslian dokumen tertentu, yang dilakukan menggunakan Algoritma Hash.

Hash Algorithms
Setiap blok data pada blockchain menerima sebuah hash ID, sebagai kunci database, yang telah dihitung oleh Algoritma Secure Hash. Hash dari sebuah blok tetap. Dengan kata lain, hash ID yang dialokasikan untuk sebuah blok tidak pernah berubah. Algoritma Hash digunakan dalam berbagai komponen teknologi blockchain, salah satunya adalah hash ID, yang merupakan string unik dari 64 angka dan huruf yang ditautkan ke data di setiap blok. Badan Keamanan Nasional AS (NSA) telah merancang generasi Hash Functions kriptografi generasi kedua yang disebut Algoritma Hash Aman 2, yang mencakup SHA-256, Algoritma Hash Aman yang sangat efisien yang menciptakan ID hash unik untuk setiap bagian data.


Algoritma hash membuat hash yang sama persis jika datanya juga sama. Mengubah hanya satu bit dalam data akan menghasilkan ID hash lain yang sama sekali baru. ID hash dari blok yang ditambahkan ke blockchain adalah data awal untuk blok berikutnya, dan dengan demikian blok dirantai bersama. Artinya jika data dalam blok diubah, maka akan mengubah hash blok tersebut, yang pada gilirannya akan mengubah hash di blok berikutnya, dan seterusnya. Untuk merusak data, blok harus divalidasi ulang dengan konsensus. Ini tidak akan terjadi karena node lain dalam jaringan tidak memiliki insentif untuk bekerja pada blok 'lama' di dalam blockchain. Selain itu, blockchain terus berkembang, sehingga membutuhkan daya komputasi yang cukup besar untuk memvalidasi ulang blok lama, yang membuatnya tidaklah bermanfaat. Hash membuat data pada blockchain kekal dan terbukti tidak berubah dari waktu ke waktu.

Referensi

5.    Distributed Ledgers (2017)
6.    Risks and Opportunities for Systems using Blockchain and Smart Contracts (2017)
8.    Blockchain: Transforming Your Business and Our World (2019)
9.    https://www.digitalsignaturemart.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts