Thursday, August 15, 2019

Peningkatan SDM dan Pusat-pusat Ekonomi Baru

Catatan Akhir Pekan: Peningkatan SDM dan Pusat2 Ekonomi Baru

OpinionDay #08
Oleh : Agung Ektika (SSG-037)


NggoWes pagi ini terasa berbeda karena selain masih dibekap Flu yang membuat kepala nyut-nyutan juga digelayuti rasa penasaran kira-kira apa yang akan disampaikan Bapak Kepala Negara dalam Pidato Kenegaraan / Tahunan plus Penyampaian Nota Keuangan pagi ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya dimana selalu dihelat setiap 16 Agustus, namun yang agak beda tentu saja karena Pidato kali ini disampaikan di tahun terakhir masa kepemimpinan Bapak Jokowi bersama Bapak JK ... Tentu saja banyak harapan yg disematkan apalagi ke depan Bapak Jokowi akan memimpin kembali bersama KH Ma'ruf Amin.

Tentu saja Pidato ini juga sangat penting tidak hanya karena time line tetapi juga akan banyak berpengaruh pada Response Pasar karena Content yang ditunggu adalah bagaimana strategi pemerintah 1 tahun kedepan plus 5 tahun pemerintahan baru.

Dimana semua stakeholders bertumpu atau akan meletakkan strategi atas apa yg disampaikan pada pidato tersebut, visi yang mendorong pertumbuhan dan berpijak pada ekonomi kerakyatan namun dapat mengakomodir situasi pasar sangat penting dicermati karena hal inilah yang akan mempengaruhi kehidupan bangsa ini kedepan.

Tentu saja masih segar diingatan kita semua tentang Konsep Tol Laut sebagai salah satu program unggulan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih merata khususnya di Indonesia bagian Timur.

Hanya konsep ini akan sangat berat jika tidak disertai dengan upaya menumbuhkan pusat-pusat Ekonomi dan Industri baru di Kawasan Indonesia Timur beriringan dengan pembangunan infrastruktur baru karena dalam konsep Logistik tentu saja untuk mendapat nilai ekonomis sesuai harapan harus disertai dengan Return Delivery yang berimbang.

Artinya arus barang tidak hanya dari Jawa tetapi arus barang dari daerah untuk menekan biaya pengiriman juga kudu didorong dengan pembangunan pusat industri baru-plus memberi dampak positif bagi perkembangan potensi sumber daya di daerah-terutama SDM daerah dapat terserap di berbagai industri tersebut-apalagi pertumbuhan ekonomi kecil dan menengah tentu harapannya bisa berjalan beriringan.

Untuk mengembangkan pusat-pusat ekonomi / industri baru syarat utama adalah juga perkembangan SDM untuk mengawal dan berperan besar untuk menjaga agar tetap sustain oleh sebab itu pendidikan berbasis Vokasi sangat diperlukan untuk menyediakan tenaga kerja yang handal

Namun pendidikan lain seperti humaniora yang akan mendukung penguatan sosial kemasyarakatan juga diperlukan dan tentu saja pendidikan dan capacity building untuk logistik dan supply chain juga sangat relevant dimana sebelumnya kedua basis pendidikan tersebut masih kurang dikembangkan, umumnya dan sudah menjadi orientasi bahwa kebanyakan pendidikan.

Hal ini terlihat jelas pada minat mahasiswa baru dimana lebih banyak ditujukan pada pendidikan teknik, ekonomi / keuangan dan manajemen bisnis, memang hal tersebut juga penting tetapi akan sangat bagus apabila beriringan dengan perkembangan pendidikan humaniora dan logistik / supply chain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

Atas argumen diatas maka rasanya Peningkatan SDM menuju Indonesia Unggul dan Munculnya pusat-pusat Ekonomi/Industri baru di daerah sangat diharapkan dapat disampaikan dalam Pidato Kenegaraan kali ini sebagai wujud Visi strategis Pemerintah.

Nah, apakah peningkatan kapasitas tenaga Logistik / Supply Chain memang diperlukan dan bagaimana program pemerintah atas kebutuhan tersebut sudah memadai, peran Rekan-rekan semua yang bisa menjawabnya.

Monggo sama-sama mendorong hal tersebut untuk Indonesia lebih baik kedepan.

Tetap Semangat ... jangan lupa NgoPi ☕ dan Seruput Teh-nya 🍵 ... Selalu bahagia ... 🙏🏻🙏🏻🙏🏻 ...

have a nice Weekend,

Dirgahayu NKRI ... Merdeka ... Merdeka ... Merdeka ... 💪🏻💪🏻💪🏻

2 comments:

Related Posts