Monday, March 23, 2020

Logistic Bridge Model Introduction

OpinionDay #40
Oleh : Suryo Wahono (SSG-339)

Logistic Bridge Model yang selanjutnya kita cukup sebut sebagai LBM adalah sebuah platform untuk mendesain dan mengimplementasikan strategi logistik berdasarkan prinsip - prinsip lean six sigma.

LBM ini penting sebagai kompas penujuk arah. Selain itu dengan pendekatan DMAIC, LBM diharapkan menjadi common language dalam organisasi sehingga akan mudah difahami oleh semua level dalam organisasi. LBM dengan mengadopsi value proposition lean six sigma mampu menarik perhatian manajemen puncak.

Dalam LBM ada beberapa prinsip utama, yaitu:
1. Arus Logistik
2. Kemampuan Logistik
3. Disiplin Logistik


Arus Logistik

Sebagaimana dalam supply chain yang mempunyai beberapa arus, logistik juga mempunyai arus logistik. Arus ini adalah aspek krusial dalam strategi logistik. Arus logistik memberikan gambaran kekuatan, kelemahan, kesempatan dan Batasan. Arus logistik pada intinya memberikan gambaran jelas efetifiitas organisasi. Tiga Arus utama dalam logistik:
1. Arus Aset
2. Arus Informasi
3. Arus Finansial


Kemampuan Logistik

Kemampuan logistik berkaitan dengan kemampuan melayani kebutuhan pelanggan secara efektif. Jika kita sudah memahami arus asset dan arus informasi dalam organisasi maka pertanyaan selanjutnya adalah “Apakah organisasi mampu melayaninya”. Kemampuan ini sangat erat kaitannya dengan infrastruktur organisasi.


Disiplin Logistik

Untuk mengelola dengan barik arus logistik dan kemampuan logistik maka diperlukan disiplin logistik sebagai kepingan terakhir puzzle untuk mendevelop strategi logistik.
Logistik itu dikemudikan oleh manusia dan proses. Oleh karena itu diperlukan disiplin logistik untuk mencapai kefektifan. Jika kedisplinan dalam manusia dan proses tidak tercapai maka kemustahilan bisa mencapai efektifitas.
Penyebab utama dari kegagalan adalah ketidakdisiplinan.

Kesimpulannya, LBM adalah komprehensif platform untuk mendesain dan mengimplementasikan strategi logistik dalam organisasi. Dengan memegang tiga prinsip utama dalam LBM, organisasi diharapkan secara efektif mampu melayani kebutuhan pelanggan. Jika kebutuhan pelanggan terlayani secara efektif maka organisasi akan bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Semoga Bermanfaat

Be Infinite or Behind

No comments:

Post a Comment

Related Posts