Sunday, September 22, 2019

What Next?


Opinion Day #14
Oleh : Anang Fahmi (SSG-144)

Banyak hal yang dibicarakan terkait IPOMS, seputar analisa kegiatan terakhir sampai pada hal bedah kepengurusan  sebuah organisasi.  Assessment, strategi dan taktik tak luput menjadi secuil pembahasan. Revenue Stream sebagai BBM organisasi dan logistik supply chain organisasi. Supply Chain disini dimaksudkan adalah supply and demand dari anggota dan lingkungan diluar IPOMS.

Yang menjadi menarik di perkembangan sebuah organisasi atau komunitas adalah definisi ANGGOTA yang notabene merupakan inti dari sebuah komunitas atau organisasi tersebut. Bagaimana kah definisi anggota atau member? 

Bisakah kita memetakan ulang anggota di masa ini? Bisakah kita membuat grand strategi pengelolaan organisasi  yang tertuang dalam bentuk mindmap berikut penjelasan rincinya? 

YES, that’s the point

Di Era VUCA seperti yang dijelaskan oleh Bapak Agung, tantangan kita sebagai pengurus adalah menjadi lean dan agile. Rencana kerja sudah dibuat, strategi pembagian tugas dan wewenang kepengurusan juga sudah disampaikan.

So, what next? 

That answer depend on us for getting things done. Kita memiliki karakter, pengalaman dan kesibukan yang luar biasa, sejarah dan data perjalanan organisasi IPOMS periode sebelumnya dan semua itu adalah sebuah parameter input.  Termasuk juga tipe kepengurusan ini yaitu Volunteer, walau juga kita perlu modifikasi volunteer seperti apakah ini?



No comments:

Post a Comment

Related Posts