Sunday, September 27, 2020

Selamat Ulang Tahun Kereta Api

OpinionDay#63

Oleh : Taufan Yanuar (SSG-007)

Hari ini, Senin tanggal 28 September 2020 adalah hari ulang tahun PT Kereta Api Indonesia yang  merayakan ulang tahun ke-75. 

75 tahun yang lalu, yaitu pada tanggal 28 September 1945, saat Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, para pekerja kereta api menduduki Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij, Bandung. Lalu para pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Kereta Api (SBKA) meminta persetujuan kepada Abikoesno Tjokrosoejoso, Menteri Perhubungan saat itu untuk mendirikan institusi kereta api milik rakyat Indonesia, dan terbentuklah Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Tepat tahun lalu juga, topik road train pernah disinggung dalam diskusi bersama Surabaya Study Group yaitu mengenai perbandingan utilisasi tol trans jawa untuk pemerataan pembangunan Jawa dengan utilisasi kargo via kereta api.

Menggunakan moda transportasi kereta api mempunyai banyak kelebihan. Untuk pengiriman komoditas yang nilai per unitnya rendah dan dalam volume besar, kereta api menjadi pilihan karena kapasitas angkutnya yang sangat besar. Sebuah gerbong datar atau gerbong barang dapat berkapasitas 2 kali lipat kapasitas truk.

Kelebihan kereta api lainnya adalah waktu tempuh yang lebih pasti, jika dibandingkan menggunakan truk karena tergantung dari kondisi volume angkutan jalan raya yang padat, kondisi infrastruktur jalan juga buruk sehingga waktu tempuh moda jalan darat menjadi sulit diprediksi. Faktor lain lebih aman dan tidak ada pungutan lain-lain.

Jalur lintasan barang terpanjang di dunia menggunakan kereta api adalah dari China ke Eropa yang sudah digunakan sejak tahun 2016. Barang-barang buatan China yang diekspor ke Eropa menggunakan jalur rel kereta api yang melintasi Rusia, Belarusia, Kazakhstan, hingga ke Spanyol menempuh perjalanan sejauh 13.261 kilometer dengan total waktu tempuh 18 hari. 

Dengan menggunakan jalur kereta api, secara waktu tempuh bisa 2 hingga 3 kali lebih cepat daripada via laut. Misalnya, pengiriman peti kemas dari China ke Hamburg di Jerman via laut dapat memakan waktu 30 hingga 45 hari.

Di Amerika Serikat kereta api juga menjadi peran utama dalam angkutan barang. Kerata api ini mengangkut sekitar 700 miliar ton kargo pada era 70 dan 80-an pada tahun 2005, sekarang volumenya sudah 2 kali lipat menjadi sekitar 1,5 triliun ton. Bahkan berdasarkan data terbaru, total volume angkutan barang di Amerika Serikat sekitar 3 triliun ton.

Kereta api memang telah menjadi, akan menjadi dan selalu menjadi moda transportasi massal terfavorit, terutama untuk jarak jauh. 

Selamat ulang tahun KAI.


Sumber :

https://www.tribunnewswiki.com/2019/09/27/hari-ini-dalam-sejarah-28-september-hari-kereta-api-nasional

https://internasional.kompas.com/read/2018/12/07/08022471/ini-lintasan-kereta-barang-terpanjang-di-dunia-dari-china-hingga-eropa?page=all.

https://www.kaskus.co.id/thread/5481785adc06bd2b768b456f/10-negara-dengan-jaringan-kereta-api-terbaik-di-dunia/


1 comment:

  1. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    ReplyDelete

Related Posts