Wednesday, September 2, 2020

Kearifan Lokal dan Transformasi Digital #1


OpinionDay #57
Oleh : Anang Fahmi Syarif (SSG-144)

Kearifan lokal dalam bisnis. Salah satunya adalah proses dalam manajemen operasional yang bisa jadi akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Perusahaan EMKL A bisa jadi agak sedikit berbeda dengan Perusahaan EMKL B walau sama-sama merupakan sebuah perusahaan EMKL. Apakah sebuah kearifan lokal itu hanya perlu dipertahankan atau bahkan perlu dikembangkan secara berkala dan terus menerus ? Dalam sebuah bisnis akan ada yang namanya Value Proposition atau nilai yang kita jual (bukan hanya sebuah produk/jasa saja), itu yang nanti jadi pembeda dengan bisnis yang sejenis, dan itu lah Kearifan Lokal yang dijadikan Value Proposition. Nah, maka menurut saya kearifan lokal perlu dikembangkan secara berkala dan terus menerus serta itu merupakan tugas Pemilik bisnis mencanangkan sebuah agenda pengembangan dan bisa dijalankan melalui konsep Transfromasi Digital. Adalah tugas Anda sebagai pemimpin bisnis digital (Digital Business Leader) untuk mulai menerapkan aturan untuk keterlibatan , persaingan , dan tumbuh di era digital ini.

Beberapa yang saya pelajari dan telah saya kutip, ada beberapa Kalimat Kunci dalam Transformasi Digital :

Temukan kembali Bisnis Anda dengan Teknologi. . . Atau Fade To Black

Setiap perusahaan sekarang terus-menerus menciptakan kembali bisnisnya dengan teknologi pada inti bisnisnya - atau hanya bisa melihat sementara pelanggannya mulai meninggalkan dan target pasarnya mulai terganggu. Ribuan perusahaan startup digital sudah mulai muncul dan melakukan proses ini, dan begitu juga para pendukung B2C yang inovatif seperti CaixaBank dan The Washington Post dan raksasa B2B seperti John Deere dan NEC.

Inovator Digital Menulis Ulang Aturan Bisnis (The Rules Of Business)

Misi inovator digital (Digital Innovators) adalah untuk memanfaatkan aset teknologi dan ekosistem untuk terus meningkatkan hasil pelanggan dan secara bersamaan adalah untuk meningkatkan keunggulan operasional bisnis itu sendiri. Mereka melakukan ini dengan menerapkan pemikiran digital (digital thingking) pada pengalaman pelanggan (customer experience), proses operasional (operation process), ekosistem, dan berbagai inovasi.

Inovasi Digital Berarti Inovasi Bisnis

Sementara keterlibatan pelanggan secara digital atau online adalah mejadi hal yang biasa di semua industri, dan setiap industri memiliki peluang transformasi yang unik. Pihak Produsen, misalnya, mendigitalkan produk mereka, proses manufaktur, dan proses rantai pasokan (supply chain). Pengecer (retail store) mengubah peran toko dalam peningkatan loyalitas dan keterlibatan para pelanggan mereka. Dan sedangkan bisnis perbankan sudah membangun platform digital untuk peningkatan layanan mereka ke dalam layanan mitra dan nasabah. Dan perusahaan-perusahaan media sudah mulai mengembangkan alternative lain dari platform hiburan sesuai permintaan (on demand).

Amik - Pilarmedia Indonesia - SGN

1 comment:

  1. berbagai bonus besar menanti di IONQQ
    ayo di tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete

Related Posts