Wednesday, December 9, 2020

Balance Score Card : Strategy Management System


Hari Rabu, tanggal 09 Desember 2020 ini adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena ada aktivitas pemilu Pilkada yang dilangsungkan secara serentak. Dan kebetulan selesai aktivitas tersebut, IPOMS bekerja sama dengan kampus UWM (Universitas Widya Mandala) melaksanakan kegiatan kuliah tamu webinar.

Dengan topik Balance Score Card (Strategy Management System) dengan narasumber dari IPOMS, Anang Fahmi Syarif (COO at PT Soeket Ganesha Nusantara).

Ditengah penjelasan dari cak Amik, panggilan akrab Anang Fahmi S., terdapat pertanyaan menarik.

Yaitu mengenai konsep visi dan misi, dengan pertanyaan mana yang pertama, visi atau misi? 

Apakah visi merupakan hal yang harus disusun terlebih dahulu, baru misi, atau misi merupakan hal yang seharusnya disusun terlebih dahulu, baru menentukan visi.

Visi harus mampu menjawab dari pertanyaan dasar seperti; ingin menjadi apa perusahaan di masa depan (what we want to be), hal ini sering digunakan sebagai pemicu terciptanya sebuah visi yang kuat. Visi menjadi cita-cita masa depan yang ingin diraih perusahaan. Kemudian visi menjadi semangat bagi manajemen dalam melakoni sisi operasional sehari-hari.

Sedangkan misi dipahami sebagai penegasan tujuan eksistensi perusahaan (why we exist), baik bagi pemilik, karyawan maupun stakeholder. Misi menjadi cara yang dipilih perusahaan dalam menggapai visi masa depannya. Sehingga setiap pernyataan misi, manajemen senantiasa menggunakan lebih dari satu point dalam menjelaskan arahan operasional dasar perusahaan. Dan misi sering diturunkan sebagai indikator kinerja perusahaan selama periode tertentu.

Kesimpulan dari visi atau misi yang disusun terlebih dahulu adalah sama benar. Tidak ada yang salah. Hal ini kembali kepada pemimpin perusahaan.







Dan akhirnya kuliah tamu berakhir tepat pukul 15.00 dengan lancar dan sukses.

1 comment:

  1. permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
    ayo segera di coba permainan kami :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete

Related Posts