OpinionDay #18
Oleh : Taufan Yanuar (SSG-007)
Dalam sebuah acara anniversary perusahaan ke 30 tahun, salah satu pimpinan dari Buyers yang ikut hadir memberikan sambutan dan sepatah kata mengatakan bahwa "We are more than a buyers, we are partners".
Tentunya cukup bangga perusahaan tersebut mendapatkan apresiasi tersebut. Karena visi dan misinya telah tercapai dengan baik.
Menurut Peter Drucker, sang pakar manajemen, yang mengatakan bahwa "hanya ada satu definisi mengenai tujuan bisnis, yaitu menciptakan pelanggan". Karena pelanggan merupakan pondasi bisnis dan mereka-lah yang membuat perusahaan tetap eksis dan membuat bisnis tetap ada.
Banyak sekali perusahaan yang telah menempatkan pelayanan sebagai faktor pemenang dalam hal persaingan dan kompetitif untuk merangkul pelanggan. Karena pelayanan merupakan "invisible product" atau produk yang tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan.
Mayoritas pelanggan menginginkan produk dengan proses pelayanan yang baik pula. Sifat pelanggan yang kentara adalah mereka akan menggunakan produk dan layanan kita jika dan hanya jika mereka yakin dan percaya produk plus layanan kita berkualitas.
Opinion day ini saya tutup dengan quote dari Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia: "Saat ini kita bukan berada di era membuat produk terbaik dan produk itu terjual dengan sendirinya. Yang bisa engage dengan customer-lah yang menang."
http://www.taufanyanuar.com/2019/10/more-than-just-buyers.html
Belajar dan Ikut Serta Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Meningkatkan Keunggulan Bersaing Industri Indonesia
Saturday, October 12, 2019
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Related Posts
-
Kali ada yang dibahas dengan topik yang agak jauh melenceng dari topik biasanya, yaitu seputar Akuntansi, yaitu mengenai bagaimana teknik me...
-
OpinionDay #03 oleh Erwin K. Awan (SSG-059) Di tahun 2014, the world economic forum membuat sebuah report yang berjudul "Beyond S...
-
OpinionDay #09 Oleh : Anang Fahmi Syarif (SSG-144) Peran ITC saat ini sudah pada saat untuk menyediakan dukungan sistem logistik yang t...
-
OpinionDay #40 Oleh : Suryo Wahono (SSG-339) Logistic Bridge Model yang selanjutnya kita cukup sebut sebagai LBM adalah sebuah platform u...
-
OpinionDay #34 Oleh : Widhy Wahyani (SSG-140) & Intan Maria Ulfa Dalam era milenium ini, industri minuman ringan merupakan salah s...
No comments:
Post a Comment