Friday, August 2, 2019

Bagaimana Supply Chain Daging Kurban

Opinion Day #04
Oleh : Agung Ektika (SSG-037)

Semangat pagi. Semangat berolah raga di akhir pekan. Semangat berolah pikir dan rasa. Serta semangat berbagi manfaat.

Seperti biasanya setiap Sabtu pagi adalah saat dimana Ritual Rutin Nggowes mengelilingi sekitar perumahan. Maklum mau jauh-jauh khawatir nggak kuat dan tetap istiqomah pada: bukan seberapa jauh dan ekstrim rute yang dipilih, tetapi seberapa sering dan konsisten Nggowes-nya.


Hanya pagi ini agak beda karena si kecil ikut dan minta diantar selepas keliling bersepeda untuk lihat-lihat kambing Kurban yang mulai banyak ditawarkan di depan perumahan, dimana pengembang perumahan kami menyediakan lahan sebagai pasar musiman agar teralokasi dengan baik dan tertib.

Salut 👍🏻👍🏻👍🏻.

Tentu hal ini mengindikasikan bahwa ada Demand, Market, ke-Ajek-an dan Manfaat setiap tahun yang menarik sehingga pihak pengembang berkenan menyediakan lahan sementara.

Anyway, ada sedikit yang janggal pada pagi ini dimana area sapi atau lembu yang biasanya meng-okupansi sekitar 30% area tidak atau belum nampak. Ada keingintahuan menggelayut dalam pikiran namun belum sempat tanya ke penjual keburu si kecil minta pulang.

Dari tahun ke tahun diskusi tentang daging, apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha selalu menarik. Selalu ada gairah dari sisi ekonomi dimana ratusan atau bahkan jutaan hewan ternak terjual. Dan yang paling penting adalah Semangat Berkurban, dimana secara esensi adalah Semangat Berbagi.

Kita kembali pulang pada kesadaran bahwa sebagai mahkluk sosial untuk tetap survive mau tidak mau harus selalu berbagi.

Btw yang juga menarik adalah bagaimana sesungguhnya pola Supply Chain dari hewan Kurban sampai ke penerima manfaat. Ini yang perlu diulas agar semangat menebar manfaat dapat lebih optimal dan tentu lebih luas lagi manfaatnya.

Adakah sahabat-sahabat punya pengalaman, opini atau terlibat dalam proses pembagian hewan Kurban ini? Monggo berikan input yang positif anda untuk kesempatan yg mulia ini.

Salam Akhir Pekan Bahagia.
Jangan Lupa NgoPi ☕ atau seruput Teh-nya ... 🍵 ... 😃

No comments:

Post a Comment

Related Posts