Saturday, November 16, 2019

Small Step in The Long Journey become Enabler

Catatan Akhir Pekan

OpinionDay #27
Oleh : Agung Ektika (SSG-037)


Memperhatikan video @mardiguwp mengenai ide dari anak anak di Bali ini, jadi muncul ide dari sisi Logistics EXIM setiap minggu di Surabaya atau bahkan lebih luas lagi di seluruh belahan dunia, which memunculkan sebuah opportunity baru.

Misalkan skala kecil di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Dimana setiap akhir pekan terutama mulai Kamis, puncaknya hari Jum'at sore, daerah Margomulyo dan jalan tol arah ke Perak menjadi nightmare, karena macet parah.

Kenapa?

Karena pada umumnya berbarengan dengan Closing Cargo untuk Export, dimana hampir 90% shipping lines menerapkan open stack di awal minggu dan Closing Cargo end of week.

Ditambah lagi volume kendaraan dari jalan tol. Jalan tol baru merubah perilaku urban. Orang Madiun, Nganjuk, Jombang, Malang, Pasuruan dan lain-lain untuk berbisnis ke Surabaya lebih sering karena kemudahan akses plus mungkin ke daerah lain kayak ke JogLo Semar.

Sehinga pastilah menambah volume. Dan ini adalah peluang.

Direct Opportunity adalah menyediakan storage temporary yang lebih competitive untuk early open stack atau early stuffing. Terutama bagi pemilik lahan di sekitar Osowilangun atau Kalianak / Margomulyo bisa dan mau menangkap peluang ini.

Namun ide tersebut harus diperkuat dengan Angka dan Problems. Perlu dihitung terlebih dulu benefitnya, dengan menggunakan data rata-rata volume export per minggu di Surabaya either thru TPS atau Teluk Lamong

Benefitnya: selain mengurai kemacetan juga memberikan solusi agar tidak shut out karena stuck tidak bisa gate in atau VGM nggak ter-register on time dimana tentu saja kena surcharge pelayaran. Either menggunakan metode 1 atau 2, cukup lumayan misal 150 ribu per container.

Terlebih jika kena shut out dan harus roll over to the next vessel. Akan bertambah besar extra cost-nya, belum lagi sosial cost, dan yang lain misal ketinggalan pesawat.

Hal-hal ini dekat dengan keseharian kita di lingkup SCM / Logs yang bisa kita kaji bersama, dimulai dengan collecting all problems in a rows of SC terutama yang in-efficient kemudian kita kaji bersama.

Sekali lagi ini menjadi: Small step in the Long Journey become Enabler.

Semoga hal tersebut nantinya ada yang mem-fasilitasi in the near future opportunity. Small things with big potential margin in the future

Lets get it done sooner as part of our contribution to make solutive study for better life.


(Ilustrasi foto dari detik.com)
(Link video https://www.instagram.com/tv/B43aOXZAUOr/?utm_source=ig_web_copy_link)

No comments:

Post a Comment

Related Posts