Sunday, June 7, 2015

Product and Process Positioning Strategy

Peran Production Planning & Control Dalam Process Vs Product Positioning Strategy

Materi yang dibawakan oleh narasumber, Yudha Andrian Saputra, ST., MBA.. minggu pagi pukul 09.30 ini sangatlah menarik, yaitu mengangkat Peran Production Planning & Control Dalam Process Vs Product Positioning Strategy yang dibagi menjadi 5 bab, yaitu :

1. Strategic Management Concept
2. Production Planning & Control
3. Product Positioning Strategy
4. Process Positioning Strategy
5. Kontribusi PPC di masing-masing Product vs Positioning Strategy

Hal yang dibahas pertama adalah mengenai Corporate Strategy, dimana Corporate Strategy mempunyai definisi bagaimana sebuah perusahaan merencanakan untuk menggunakan seluruh sumber daya untuk mendapatkan sebuah keunggulan bersaing.

Corporate Strategy merupakan perangkat untuk mencapai corporate objectives yang bisa berupa:

  • Growth
  • Survival
  • Profit
  • Return on Investment
  • Other financial measures
  • Employee policies
  • Environmental policies

Berikutnya yang dibahas adalah Generic and Spesific Business Strategy, dimana contoh Generic Business Strategy (Tracy & Wiersema)

  • Cost leadership 
  • Operational excellence
  • Customer Intimation


Untuk lebih memahami dalam pembahasan tadi digunakan Business Model Canvas (BMC) yaitu alat untuk memetakan secara visual kondisi bisnis suatu perusahaan yang menggambarkan aktivitas yang berkaitan dengan value proposition, infrastruktur, pelanggan dan keuangan. Penggunaan BMC tidak hanya berhenti pada tahap memetakan kondisi bisnis saat ini, tapi juga sebagai alat untuk prediksi dan pendukung keputusan strategis (manajemen strategi).

Dan yang digunakan sebagai contoh adalah Business Model Canvas dari Skype. Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

Acara yang dimulai pukul 09.30 sampai dengan pukul 13.00 ini ternyata masih belum tuntas, sehingga berdasarkan kesepakatan pengurus dan member Surabaya Study Group akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya.

Bahkan saat rehat dan saat istirahat makan siang pun sambil membahas materi dan sambil diskusi. Namun pada akhirnya waktu jugalah yang membatasi pertemuan dan diskusi kali ini. Jadi nantikan pertemuan selanjutnya dari Surabaya Study Group masih dengan materi Product and Process Positioning Strategy.

Peserta Surabaya Study Group XXVI

1. Rahadian Prabowo (PT. INDOSPRING, Tbk)
2. Lilia Pasca Riani (Universitas Nusantara PGRI - Kediri)
3. Taufan Yanuar (PT. HSI - Sidoarjo)
4. Eko Susandi (PT Tiga Permata Logistic - Sidoarjo)
5. Benard Budi Santoso (PT Indolakto - Pasuruan)
6. Arif Subagyo (PT Djabes Sejati)
7. Anang Januriandoko (PT Terminal Teluk Lamong)
8. Artha Nugraha Jonar (PT Tiga Permata Ekspres - Sidoarjo)
9. Nunus Agung (HVAC & Refrigeration Specialist)

1 comment:

  1. di mohon agar memberikan komentar sesuai dengan topik bahasan, terima kasih

    ReplyDelete

Related Posts