Monday, July 13, 2020

Manajemen Pembelian

Procurement – Sebuah fungsi bisnis yang meliputi perencanaan pengadaan, pembelian, kendali persediaan, lalu lintas barang, penerimaan, serta inspeksi atas barang yang diterima.

Purchasing – Istilah yang digunakan dalam industry dan manajemen untuk menunjukkan fungsi dan tanggungjawab untuk pengadaan barang, persedian, dan jasa (APICS Dictionary 2013)

Manajemen pembelian adalah suatu departemen di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab atas aktifitas pembelian. Pembelian adalah fungsi paling penting di organisasi manapun.

Pembelian adalah unsur nomor satu yang mempengaruhi biaya produk. Manajemen pembelian menentukan tingkat keuntungan perusahaan.

Departmen pembelian memastikan semua barang yang dibutuhkan serta persedian yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha dibeli dan disimpan ke dalam persediaan.

Bertanggungjawab untuk mengontrol biaya dari barang yang dipesan, memantau tingkat persediaan dan membangun hubungan yang sangat kuat dengan para supplier.



Diatas merupakan sekelumit materi Manajemen Pembelian yang dihadirkan oleh IPOMS, yang dibawakan oleh Erwin K. Awan, Resource Manager at PT Veolia, dengan moderator Taufan Yanuar, kepada mahasiswa kelas Logistic Management LP3i Sidoarjo. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts