Monday, July 27, 2015

Surabaya Study Group XXVII - Product and Process Positioning Strategy


Corporate Strategy adalah strategi yang berkaitan dengan pilihan arah perusahaan secara keseluruhan, serta pengelolaan portofolio bisnis dan produk. Jadi bagaimana sebuah perusahaan merencanakan untuk menggunakan seluruh sumber daya untuk mendapatkan sebuah keunggulan bersaing.

Salah satu dari Corporate Strategy adalah menggunakan Blue Ocean Strategy Concept. Blue Ocean Strategy, digagas oleh profesor asal Korea, Chan Kim dan rekannya dari Perancis Renee Mauborgne, tema ini hendak mengajarkan kepada kita tentang bagaimana memenangkan kompetisi bisnis yang kian dinamik.

Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar. Dengan cara seperti diatas, blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing.

Contoh blue ocean strategy adalah drama kemenangan produk iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Produk iPod ini sungguh inovatif, dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya, seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony. Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod, selain kemudahan penggunaannya. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan.

-------------

IPOMS - Surabaya Study Group akan mengadakan pertemuan belajar bersama dengan konsep diskusi bareng mengusung materi "Peran Production Planning & Control Dalam Process Vs Product Positioning Strategy" oleh Yudha Andrian Saputra, ST., MBA. (Dosen Jurusan Teknik Industri, ITS) :

Adapun pelaksanaan diskusi bersama tersebut adalah pada,
Hari dan Tanggal : Minggu, 6 September 2015
Jam                       : 10.00 - 13.00
Tempat                 : Ruang kuliah Teknik Industri ITS
Fasilitas              : Sertifikat dan makan siang

Untuk kenyamanan peserta dalam belajar dan diskusi bersama, maka peserta akan kita batasi hanya sebanyak 30 peserta saja. Untuk itu segera Bapak / Ibu untuk mengikuti Surabaya Study Group, silahkan mendaftar dengan 2 langkah berikut

1. Pendaftaran
Lakukan pendaftaran sebagai konfirmasi kedatangan dengan mengisi data berikut lalu kirim ke email taufanyanuar@yahoo.com

Nama                 :
Company / University :
Dept / Position      :
Address              :
Phone / Mobile       :
E-mail               :

2. Pembayaran
Setelah melakukan pendaftaran kemudian silahkan melakukan pembayaran dengan commitment fee Rp 200.000 sudah termasuk biaya sertifikat dan makan siang dengan tujuan nomor dan nama rekening sebagai berikut:

Nomor rekening : 465-041-7009
Bank            : BCA
Atas nama          : Wijanarko Kertowijoyo.

Berikut adalah jadwal dan materi Surabaya Study Group selama tahun 2015 :

a. 12 April 2015 : Change Management
b. 07 Juni 2015  : Product and Process Positioning Strategy (bagian 1)
c. September 2015  : Product and Process Positioning Strategy (bagian 2)
d. Oktober 2015  : Improvement Management
e. Desember 2015 : Operation Management


Milis                      : Surabaya-IPOMS-subscribe@yahoogroups.com
Blog                       : http://surabayastudygroup.blogspot.com/
Twitter                   : https://twitter.com/sbystudygroup
Facebook Fanpage : https://www.facebook.com/SurabayaStudyGroup
Facebook Group    : https://www.facebook.com/groups/surabayastudygroup/

1 comment:

  1. di mohon agar memberikan komentar sesuai dengan topik bahasan, terima kasih

    ReplyDelete

Related Posts