Sunday, April 19, 2020

Petani itu Keren

OpinionDay #44
Oleh : Tommy Indianto (SSG-092)


Hari ini genap sudah hari ke-5 saya berada di Tulungagung untuk "babat alas" usaha saya di bidang perawatan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)

Lima hari ini memberikan pandangan yang berbeda dengan petani kita. Kadang kita sering memandang petani sebagai pekerja kelas bawah, yang harus "diberdayakan", butuh dibantu, dan sebagainya.

Dan semua pemikiran itu hilang tak berbekas ketika berada di tengah-tengah mereka. Betul, mereka pekerja keras, tapi mereka juga pekerja kreatif, memanfaatkan resource yang ada baik waktu, tenaga, pikiran untuk memberikan kemanfaatan bagi banyak orang.

Mereka adalah para "Nerd Scientist" jika berhubungan dengan Pertanian, periset handal yang kadang mau mengambil resiko hingga 1x masa tanam (bahkan lebih) hanya untuk melakukan percobaan di lahan-lahan mereka.

Karena itu mereka sangat welcome dengan adanya bantuan pemerintah terkait Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Sudah fasih berkawan dengan alat-alat mekanisasi yang kita pikir baru dipakai oleh petani-petani diluar negeri.

Respect for them.

Ygan mereka butuhkan hanyalah keterbukaan para teknokrat di perkotaan untuk saling menimba ilmu dengan mereka. Just sharing our thought together, let our mind bring the same frequency, dan mari kita bersama-sama membangun kemandirian pangan bangsa ini..

Tommy Indianto

Contacts:
085279145909; 085790337708
tommy@paramartasolusindo.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts