Tuesday, July 30, 2019

Menikmati Secangkir Teh bersama Pakar IPOMS

OpinionDay #02
Oleh : Agung Ektika (SSG-037)


Bersama D.Marshall Saluding, CPIM CSCP CLTD

Berbicara mengenai SCM (Supply Chain Management) dengan D.Marshall Saluding, CPIM CSCP CLTD, memang cukup menarik. Baik topik mengenai selaku beliau menjadi Supply Chain Director di Tempo Scan, atau topik yang lainnya.

Pembicaraan mengalir deras hingga tidak terasa 3 jam berlalu dengan ditemani secangkir teh hangat. Namun sayangnya jam sudah menunjukkan pukul 23.00, sudah terlalu larut malam, karena kesibukan masing-masing kita baru bisa berkumpul dan bertemu pada pukul 20.00

kiri-kanan : Agung Ektika, Taufan Yanuar, Marshall Saluding, Ruliarsa Arif Pranowo

Selain topik SCM, juga dibahas mengenai PPIC (Production Plan & Inventory Control). Juga materi mengenai Entrepreneurship sempat disinggung, dengan case study warung kopi lokal (sebagai produk SME, Small Medium Enterprise) yang ternyata menarik untuk dibahas.

Poin-poin summary lainnya dari diskusi semalam, adalah sebagai berikut:
  1. Lebih banyak melakukan kegiatan seperti Forum diskusi, Diklat, Workshop, dan lain lain, yang lebih mengutamakan dan ditujukan kepada hal yang bermanfaat pada UKM / SME.
  2. Bahwa Supply Chain adalah bridging bagi fungsi yang lain, misalnya Finance/Accounting, Marketing, HRD, dan lain-lain untuk saling terintegrasi oleh sebab itu diupayakan juga untuk melakukan kegiatan berbasis analysis yang menghubungkan antar fungsi tadi dimana Supply Chain sebagai faktor utama problem solving
  3. Identifikasi issue-issue anti mainstream atau diluar kebiasaan konsep yang ada tentang supply chain dan operation yg bisa menjadi topics diskusi dan analisa, misalnya peranan pelaku Supply Chain dan Logistics dalam konteks Indonesia sebagai daerah berpotensi bencana alam, Meningkatkan kontribusi asosiasi atau komunitas kepada pemerintah terkait regulasi yang berpihak kepada UKM, dan lain-lain.
survey tahun 2019

Ketiga topik diatas, yaitu SCM, PPIC dan Entrepreneurship, sejalan dengan polling dan survey yang dilakukan pada tahun 2019 ini. Dan sejalan juga dengan usulan tema pada Kuisioner tahun 2018 lalu.

survey tahun 2018

Dan akan menjadi menarik jika poin-poin diatas diangkat untuk dibahas dalam kegiatan Study Group mendatang. Insyaallah bulan September 2019.

#logistic
#study group
#supply chain indonesia
#supply chain management

1 comment:

Related Posts