Friday, March 13, 2020

Lean Six Sigma Logistic

OpinionDay #37
Oleh : Suryo Wahono (SSG-339)

Logistics Waste

Lean mempunyai tujuan utama untuk menghilangkan waste. Jenis – jenis waste secara umum adalah sama namun terdapat perbedaan waste di manufacturing dan waste di logistik. Mari kita simak perbedaannya.

Waste di manufacturing antara lain:

a. Transportation
Waste of transportation adalah transportasi yang tidak perlu dalam proses produksi. Misal WIP atau barang setengah jadi diangkut pada lini proses produksi yang berbeda gedung.

b. Inventory
Waste of inventory adalah kelebihan persediaan baik dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi atau WIP ataupun barang jadi. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan produksi, keterlambatan pengiriman, produk expired, cacat, mesin rusak dan set-up yang memerlukan waktu lama.

c. Motion
Waste of motion adalah Gerakan yang tidak perlu dalam proses produksi. Setiap gerakan pekerja yang tidak perlu seperti mencari, menumpuk, meraih komponen

d. Waiting
Waste of waiting adalah menganggurnya mesin atau pekerja karena kehabisan material, keterlambatan pengiriman material, dan keseimbangan kecepatan produksi.

e. Over Production
Waste of overproduction adalah memproduksi barang – barang yang belum  dipesan atau kelebihan barang dalam proses akan mengakibatkan pemborosan biaya.

f. Over Processing
Waste of over processing adalah memproduksi dengan cara tidak sesuai prosedur yang telah ditentukan. Hal ini selain meningkatkan biaya yang diperlukan juga meningkatkan kemungkinan barang cacat.

g. Defect
Waste of Defect adalah produk cacat yang diperlukan perbaikan atau pengerjaan ulang untuk bisa memenuhi standar kualitas yang disyaratkan oleh pelanggan.

Waste diatas biasa dikenal dengan 7 waste.


Waste dalam logistics antara lain:

1. Inventory
Tantangan muncul ketika pelanggan menuntut produk SEKARANG dan Anda harus berspekulasi tentang apa yang mereka inginkan, dalam jumlah berapa, dan di mana harus memposisikannya. Karena itu, imperatif menjadi memiliki inventaris yang tersedia kapan dan di mana pelanggan menginginkannya. Profesional logistik sering melafalkan “Bill of‘ Rights” ketika menjelaskan apa yang mereka lakukan: mengantarkan produk yang tepat ke tempat yang tepat di waktu yang tepat dalam jumlah dan kondisi yang tepat, dan dengan biaya yang tepat. Memiliki inventaris yang tepat di tangan dan dekat pelanggan adalah cara paling sederhana untuk memastikan bahwa mereka pergi dengan bahagia. Tetapi seperti apa pun yang baik untuk Anda dan diperlukan untuk bertahan hidup, adalah mungkin untuk memiliki terlalu banyak hal yang baik. Kita semua membutuhkan nutrisi yang tepat untuk bertahan hidup, namun kita juga tahu apa yang bisa dilakukan terlalu banyak kalori pada pinggang.

Inventory yang tidak optimal maka akan menyebabkan ketidaklancaran process dalam logistik. Bukan hanya over inventory namun juga less inventory karena less inventory akan menyebabkan shortage yang bisa mengakibatkan terjadinya pemborosan – pemborosan yang lainnya.


2. Transportation
Waste of transportation adalah transportasi yang tidak perlu dalam proses logistics. ada sejumlah alasan mengapa terjadi transportasi yang tidak perlu terjadi antara lain yaitu kesalahan route yang di ambil, kesalahan produk yang dikirim baik dalam jumlah dan jenis produknya, cuaca buruk, dan kemacetan lalu lintas, dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Transportasi merupakan biaya tunggal terbesar dalam logistik. Sekitar $ 600 miliar dihabiskan setiap tahun untuk transportasi di Amerika Serikat saja. Itu hanya lebih dari 5 persen dari produk domestik bruto AS atau lima sen dari setiap dolar yang dihabiskan di Amerika Serikat. Sebagian besar (hampir 83 persen) dari dolar yang dihabiskan untuk transportasi diarahkan untuk layanan transportasi motor (yaitu, truk). Sisanya dikonsumsi oleh layanan kereta api, maritim, udara, dan pipa, dengan masing-masing moda melayani pelanggan pengiriman 'Kebutuhan spesifik untuk kecepatan, ketepatan waktu, keandalan, fleksibilitas, ketersediaan, keselamatan, kapasitas, dan efisiensi biaya. Perusahaan mendedikasikan sekitar setengah dari total biaya logistik untuk mengangkut bahan dan barang untuk mendukung tujuan ini. Pengangkutan unggul relatif terhadap mode lain dalam fleksibilitas, keandalan, dan ketersediaan, yang menjelaskan mengapa ia mewakili mode yang disukai pengirim.


3. Space and facilities
Diperkirakan setengah dari semua aktivitas yang dilakukan di gudang tidak menambah nilai atau mengarah pada kepuasan pelanggan sementara mereka semua mengonsumsi sumber daya yang berharga. Dan lebih banyak inventaris tidak selalu berarti layanan yang lebih baik. Seperti yang pernah dicatat oleh Taiichi Ohno, semakin banyak inventaris yang dimiliki, semakin kecil kemungkinan memiliki apa yang dibutuhkan artinya terjadi pemborosan tempat dan fasilitas. Konsep biaya total diantaranya menghitung biaya penyimpanan baik itu gudang adalah asset sendiri ataupun gudang sewa. Semakin lama produk disimpan maka semakin besar pula biaya yang sebenernya sudah timbul.


4. Time
Dari semua sumber daya yang ditemukan dalam kehidupan dan logistik, tidak ada yang lebih penting daripada waktu. Seperti dalam pepatah, itu adalah satu-satunya sumber daya yang Anda tidak pernah dapat mengklaim kembali. Waktu juga merupakan salah satu metrik terpenting yang ditemukan dalam logistik. Kami mengukur diri sendiri terhadap waktu pemesanan dan apakah pengiriman pada akhirnya "tepat waktu." Kedua aspek dapat mendukung keunggulan kompetitif ketika disediakan berdasarkan lebih cepat, lebih dapat diandalkan daripada pesaing. Untuk memahami bagaimana waktu dapat terbuang dalam logistik, kita harus memeriksa siklus pesanan - waktu yang berlalu dari pengiriman pesanan ke pengiriman pesanan. Lima langkah berbeda dari siklus pesanan diilustrasikan dalam Gambar dibawah ini, termasuk (1) pengiriman pesanan, (2) pemrosesan pesanan, (3) pengisian pesanan, (4) pemesanan dan verifikasi pesanan, dan (5) pesanan pengiriman dan pengiriman. Setiap langkah membutuhkan penjatahan waktu untuk diselesaikan, dan setiap langkah mengalami perbedaan di sekitar penjatahan waktu yang khas. Ketika varians ditemukan di ekor kanan distribusi frekuensi (yaitu, ketika dibutuhkan waktu lebih lama dari waktu biasanya untuk menyelesaikan suatu tugas), maka buang-buang waktu diamati. Limbah dapat berakar pada kinerja yang buruk dalam langkah atau karena kesalahan / salah perhitungan dalam langkah lain dari siklus pesanan. Berjalan melalui lima langkah ini menguraikan banyak peluang untuk buang-buang waktu yang ditemukan dalam siklus pesanan.


Waste of time adalah waktu yang terbuang karena menunggu prosess sebelumnya. Misal menunggu ketersedian barang yang akan dikirim karena masih dalam prosess produksi.


5.      Packaging
Pengemasan adalah sumber daya logistik yang sering diabaikan. Pentingnya diakui dengan penuh semangat oleh pemasar barang-barang konsumen. Kemasan harus memiliki daya tarik untuk menarik pembeli potensial dan berisi informasi yang diperlukan untuk memuaskan regulator. Yang harus Anda lakukan adalah berjalan menyusuri lorong toko kelontong untuk melihat penekanan pada kemasan. Pernahkah Anda melihat sesuatu yang berwarna atau sebagus lorong sereal sarapan? Tetapi tidak semua ahli logistik memberikan kemasan kepercayaan yang sama dalam hal perlindungan produk, efisiensi penanganan dan penyimpanan, keselamatan dan ergonomi penangan, pembuangan pascabencana, dan komunikasi informasi penanganan yang diperlukan. Dan kenyataannya adalah bahwa pengemasan adalah bagian penting dari setiap implementasi operasi Lean.


6.      Administration
Administrasi adalah sumber daya yang dipandang oleh banyak orang dalam bisnis sebagai kejahatan yang tidak bernilai namun diperlukan dalam logistik atau fungsi lainnya. Ini sering dianggap sebagai penghalang untuk mencapai hal-hal besar, kekuatan yang berdiri di antara Anda dan yang tidak mungkin tercapai. Namun, administrasi diperlukan untuk menjalankan bisnis yang terhormat, membayar pajak, dan terhormat, bahkan jika itu berarti keberangkatan dari organisasi yang paling efisien dan aliran kerja yang optimal. Pertanyaan sebenarnya bukanlah apakah itu perlu, tetapi berapa banyak administrasi yang benar-benar kita butuhkan? Pertimbangkan aktivitas pemrosesan pesanan yang sebelumnya disorot dalam diskusi sumber daya "waktu". Ingatlah bahwa pemrosesan pesanan melibatkan tekad kemauan dan kemampuan untuk mengakomodasi pesanan pelanggan. Dari penempatan pesanan dan tanda terima hingga rilis pesanan, sebenarnya ada puluhan "sentuhan" atau antarmuka dengan pesanan. Dari Stan dalam layanan pelanggan hingga Kathie di bidang akuntansi hingga Corrine di gudang, sebuah pesanan muncul di meja banyak orang di organisasi pemasok dan pelanggan. Jangan lupa pembuatan faktur, audit dan pembayaran tagihan pengiriman, dan sejumlah dokumen lain yang dibuat, ditinjau, diterbitkan, ditinjau kembali, ditindaklanjuti, dan ditinjau lagi dengan masing-masing dan setiap pesanan. Dan saat itulah semuanya berjalan sesuai rencana!


7.      Knowledge
Pengetahuan mungkin merupakan sumber daya yang paling sedikit dikenal dan paling sedikit dipahami dalam manajemen dan keberhasilan bisnis apa pun. Itu tidak bisa dilihat, disentuh, atau dengan mudah dikuantifikasi, tetapi sangat banyak sumber daya. Pengetahuan mungkin merupakan sumber daya yang paling sering terbuang dalam suatu organisasi. Dalam fungsi yang paling umum dikaitkan dengan strategi bisnis, seperti penelitian dan pengembangan, teknik, pemasaran, dan keuangan, pengetahuan merupakan inti dari keberadaan mereka - mengetahui apa yang pelanggan akan beli, mengetahui cara membangun produk-produk itu, mengetahui cara membuat pelanggan mengetahui penawaran ini. Namun, wilayah operasional sering dianggap bawahan terhadap rencana yang dikembangkan di bidang strategis. Hirarki strategi di sebagian besar bisnis cenderung terlihat seperti Gambar 9.1. Sementara strategi mengalir dari strategi perusahaan ke strategi produk dan pemasaran ke strategi manufaktur ke, akhirnya, strategi logistik dan pengadaan, itu tidak berarti bahwa fungsi yang lebih rendah dalam hierarki ini, yang disebut "area pendukung," harus tanpa kreativitas dan mencari cara baru yang lebih baik untuk melakukan bisnis. Sebaliknya, organisasi logistik yang inovatif dapat, pada kenyataannya, mempengaruhi (dan bahkan mendorong) strategi perusahaan. Pikirkan kembali pilar-pilar keunggulan yang disorot sebelumnya dalam buku ini. Perusahaan seperti Wal-Mart, Toyota, 3M, dan Dell, antara lain, mengandalkan kapabilitas logistik yang berbeda untuk memisahkan bisnis mereka dari kerumunan.


Dengan penjelasan di atas maka waste yang ada di Logistik mempunyai beberapa perbedaan. Jika di bandingkan akan menghasilkan gambar seperti berikut.


Manufacturing
Logistics
Transportation
Transportation
Inventory
Inventory
Motion
Space & facilities
Waiting
Time
Over Production
Packaging
Over ProcessingDefect
Administration
Defect
Knowledge

Semoga paparan artikel ini bermanfaat dan mencerahkan ya, secerah matahari yang bersinar tanpa awan.

Be Infinite or Behind

No comments:

Post a Comment

Related Posts