Sunday, November 25, 2018

Business Process Improvement Introduction

Terdapat beberapa alasan mengapa perlunya Process Improvement di perusahaan kita, yaitu diantaranya adalah :
  • Pelanggan, klien, atau pemasok Anda mengeluh berkaitan business process
  • Anda menemukan bahwa departemen Anda membuat banyak kesalahan dan / atau membuat yang sama lagi dan lagi. 
  • Anda ingin memahami bagaimana departemen Anda dapat meningkatkan efisiensinya sehingga karyawan Anda dapat menghabiskan waktu mereka yang terbatas pada pekerjaan yang more valuable work
  • Anda telah menerima tanggung jawab untuk new business atau departemen baru, dan Anda ingin memahami pekerjaan itu.
  • Anda menemukan tantangan dengan handoff antar departemen. 
  • Anda ingin meningkatkan produktivitas departemen Anda. 
  • Anda menemukan duplikasi data atau tugas di beberapa departemen. 
  • Anda memulai pekerjaan baru dan ingin memahami bagaimana departemen bekerja.


Inilah yang dibahas pada acara Study Group ke-33 yang diselenggarakan oleh IPOMS (Indonesian Production and Operation Management Society) adalah organisasi nir laba yang merupakan Komunitas Manajemen Produksi dan Operasi Indonesia yang aktif kembali sejak April 2010 dan secara berkala melakukan belajar bersama mengenai berbagai topik yang berhubungan dengan Production & Operations Management.

Dilaksanakan di Departemen Manajemen Teknologi ITS (MMT-ITS) Kampus ITS Tjokroaminoto, yaitu yang berada di Jl. Tjokroaminoto No.12A Tegalsari, Surabaya, yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 November 2018, Pukul 10.00 - 12.30

Materi disampaikan dengan baik oleh DR. Fauzi Arif RH. MM., (Factory Manager at PT Guentner Indonesia).

Apa definisi dari Proses, definisi dasar dari proses adalah serangkaian logis dari transaksi terkait yang mengubah masukan menjadi hasil atau keluaran. Setiap aktivitas atau kelompok kegiatan yang mengambil input, menambah nilai untuk itu, dan memberikan output ke pelanggan internal atau eksternal.

Proses dapan dibagi dan digolongkan menjadi beberapa kelompok, yaitu :
  • Proses Primer dan Proses Pendukung
  • Proses dan Sub Proses
  • Proses level 1, level 2 dan level 3

Untuk memudahkan kita dalam memahami proses makan perlu dilakukan Process Mapping, yang dapat kita lakukan dengan beberapa cara, yaitu :
1. Manual writing 
2. Computerized tool, yaitu kita dapat menggunakan sebagai berikut :
  • Microsoft Excel 
  • Microsoft Visio 
  • Specialized tool of process design and automation 
  • Bizagi 
  • ARIS (Architecture of Integrated Information Systems) 
  • Signavio 

Ada satu contoh Process Mapping, yaitu yang disebut dengan Brown Paper Technique, yang dapat kita lihat pada contoh gambar diatas.

Alhamdulillah, akhirnya acara Study Group ke-33 berjalan dengan lancar mulai pukul 10.00 hingga 12.30. Dan kemudian diakhiri dengan foto bersama dan makan bersama oleh 26 perserta dan 1 narasumber, yaitu :

Peserta
1. Abdullah Nadhif
2. Affandi B. M
3. Agung Ektika
4. Benard Budi Santoso
5. Bram Patriot Ariadji
6. Dedik Kurniawan
7. Denny Witjaksono
8. Erwin K Awan
9. Galih Reksanto Rb
10. Hari Suryo
11. Herman Suryana
12. Jefri Gunawan
13. Judha Purwana Wahju Widjajanto
14. Latif Usman
15. Maulana Iskandar
16. Neo Bherliansyah
17. Resa Anggara Gandhi
18. Rifki Thaufani
19. Ruliarsa Arif Pranowo
20. Salman El Farisi
21. Surya Setiawan
22. Taufan Yanuar
23. Teguh Andriyanto
24. Tjahyo Subroto
25. Widhy Wahyani, ST., MM.
26. Wijanarko Kertowijoyo

Narasumber
DR. Fauzi Arif RH. MM.

No comments:

Post a Comment

Related Posts